Centella asiatica



Akhir-akhir ini produk skincare lagi ramai banget sama ingredients satu ini. Centella asiatica, atau dalam bahasa Indonesia disebut daun pegagan. Pegagan merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyak Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai Negara.



Klasifikasi ilmiah tanaman daun pegagagn :
            Kingdom         : Plantae
            Ordo                : Apialis
            Family             : Meclanlayaceae
            Genus              : Centella
            Spesies : Centella asiatica
Secara umum, kandungan yang terdapat pada tanaman pegagan diantaranya, asam asiatat, asiatikosida, beta karoten, beta karofilena, beta elemena, beta farmesena, beta sitosterol, brahminosida, asam brahmat, iso tankunisida, asam iso tankunat, tankunisida, meso inositol, asam askorbat, niacin, valarine, kalium, natrium, magnesium, dan zat samak.

Daun pegagan biasanya dimanfaat kan untuk mengobati berbagai penyakit. Penyakit yang bisa diobati diantaranya adalah peluruh kencing, pembersih darah, disentri, radang usus, sakit perut, batuk, lepra, dan kehilangan nafsu makan.

Selain mengobati berbagai macam penyakit, akhir-akhir ini daun pegagan banyak digunakan untuk bahan baku skincare. Sebenarnya apa sih manfaat daun pegagan untuk kulit wajah ? Mari kita bahas satu per satu ya.

1.      Menjaga kelembaban kulit
Seperti sudah di bahas sebelumnya, Centella asiatica memiliki kandungan saponin. Kandungan saponin ini dapat membantu menyimpan air dalam kulit, sehingga kelembababn kulit bisa terjaga.

2.      Untuk masalah jerawat
Selain saponin tadi, Centella aciatica mengandung senyawa yang di sebut glikosida madekosida yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Artinya kandungan glikosida ini sangat baik untuk meredakan jerawat yang sedang meradang. Selain itu kandungan triterpenoid pada Centella asiatica berfungsi untuk penyembuhan jerawat.

3.      Mencegah penuaan dini
Centella asiatica mengandung flavonoid yang kaya akan anti oksidan. Anti oksidan ini sangat baik untuk menagkal radkal bebas yang disebabkan oleh polusi dan sinar matahari sehari-hari. Sehingga dapat mencegah penuaan dini.

Itu diantara nya manfaat Centella asiatica untuk kesehatan kulit. Selanjutnya, aku akan kasih contoh produk nya dibawah ini.

1.      COS RX CENTELLA BLEMISH CREAM

2.      SENSSATIA BOTANICA

3.      DR.JART + CICAPART

4.      SKIN 1004 MADAGASKAR CENTELLA ASIATICA

5.      LANEIGE CICA SLEEPING MASK









Comments

Popular Posts