Dexamethasone = obat dewa ?



Siapa yang tidak tahu obat dexamethasone atau sering kita dengar dengan sebutan obat dewa . 
kenapa masyarakat memberikan award sebagai obat "dewa" ? . 
karena menurut mereka, obat ini  bisa menyembuhkan segala sakit yang dirasa. Misalnya nyeri otot sedikit langsung minta “dexa” , nyeri di kepala sedikit langsung minta “dexa”. Dan alasan mereka minum dexa adalah karena badan langsung seger dan nyeri nya langsung hilang .
 tanpa berfikir panjang, semua sakit atau nyeri langsung diobati oleh  dexamethasone . Tanpa tahu apa kegunaan dexamethasone yang sebenar nya dan apa efek samping yang akan di timbulkan obat dexamethasone ini .
  sebenar nya apa sih obat dexamethasone itu ?
Dexamethasone merupakan kelompok obat kortikosteroid. Obat ini bekerja dengan cara mencegah pelepasan zat-zat di dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Dexamethasone digunakan untuk menangani sejumlah kondisi, seperti penyakit autoimun (misalnya sarkoidosis dan lupus), penyakit peradangan pada usus (misalnya ulcerative colitis dan penyakit Crohn), beberapa jenis penyakit kanker, serta alergi. Dexamethasone juga digunakan untuk mengatasi mual dan muntah akibat kemoterapi, mengobati hiperplasia adrenal kongenital, serta digunakan untuk mendiagnosis sindrom Cushing.

Kortikosteroid adalah obat anti-inflamasi yang digunakan secara luas untuk mengobati beberapa kondisi medis. Umumnya, obat ini digunakan untuk meredakan gejala pembengkakan, kemerahan, gatal-gatal, dan reaksi alergi.
  • Untuk penggunaan jangka pendek, dexamethasone dapat menyebabkan efek samping sebagai berikut    
  1. Badan terasa lelah atau lemas.
  2. Gangguan pola tidur.
  3.  Sakit kepala.
  4.  Vertigo.
  5.  Keringat berlebihan.
  6.  Jerawat.
  7.  Kulit kering dan menipis serta gampang memar.
  8.  Pertumbuhan rambut yang tidak biasa.
  9.  Perubahan suasana hati seperti depresi dan mudah tersinggung.
  10. Mudah haus.
  11. Sering buang air kecil.
  12. Nyeri otot.
  13. Nyeri pada sendi atau/dan tulang.
  14. Sakit perut atau perut terasa kembung.
  15. Rentan terhadap infeksi.
Untuk efek samping diatas, bisa semakin lama semakin tidak terasa karena pembiasaan dari tubuh si pengguna dexamethasone.
Selain efek samping yang umum terjadi seperti diatas , ada juga efek samping yang ditimbulkan untuk pemakaian sering atau jangka panjang 

  •  Menyebabkan Moonface

moon face (bentuk wajah yang sembab dan membulat) adalah salah satu dari gejala Cushing Sindrome, suatu kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh kelebihan hormon kortisol, salah satu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal tubuh.
Penyakit ini timbul oleh ketika kelenjar adrenal pada tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol. Penyakit ini juga dapat muncul akibat seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka waktu panjang.

  •   Menyebabkan Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Osteoporosis umumnya baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang, setelah pasien mengalami jatuh ringan. Retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan tulang belakang adalah kasus yang paling banyak ditemui pada penderita osteoporosis.


Nah itu beberapa efek samping yang bisa saya tulis disini. Semoga setelah ini, tidak terlalu banyak orang yang bergantung pada si obat dewa ini. Dan baiknya untuk penggunaan dexamethasone sebaiknya di konsultasikan dulu pada dokter.

Semoga bermanfaat ^^

Sumber :

Buku obat-obat penting , Drs. H.T Tan & Drs. Kirana Rahardja ,

http://www.alodokter.com/dexamethasone

Comments

Popular Posts