Belajar bersykur


Udah lama ya rasanya ga curhat hehe. Soalnya emang belakangan ini curhatan nya ga ada yang berfaedah hehe. Jadi ya baru sempet di tulis sekarang deh . semoga kali ini berfaedah ya , hehe

Beberapa waktu lalu, seperti biasa di mobil kecintaan (elf) hehe. Sekitar jam 4 sore aku udah pulang, seperti biasa aku duduk paling belakang karena turun paling terakhir kan. Biar tenang tidur juga sih sebener nya hehe. Awal nya emang ga ada yang spesial di elf saat itu, jadi ya aku tidur sambil dengerin musik . Pas bangun ternyata elf udah agak kosong, dan udah mau nyampe ternyata. “nyenyak juga tidur, “ fikir ku hehe.

Otomatis aku pindah ke depan nya , karena emang udah kosong. Aku masih dengern musik, dan tiba-tiba ada ibu-ibu gendong anak nya dan duduk di sebelahku. Awalnya aku biasa aja , aku Cuma senyum saat si ibu ngeliat aku. Dan mataku lanjut menatap jendela yang pada saat itu basah oleh air hujan ( lagi galau ceritanya) hehe.

Dan ga beberapa lama, anak nya numpahin air minum yang otomatis kena baju ku. Aku spontan kaget kan, karena emang lagi ngelamun. Dan si ibu langsung minta maaf.
“maaf ya neng, anak saya ga sengaja.”
“oh iya bu gapapa, biasa anak kecil mah bu “ hehe

Dan kemudian baru lah si ibu ini cerita banyak ke aku.

Jadi beliau baru pulang dari rumah sakit, abis berobat anak nya . Otomatis aku nanya kan , sakit apa bu anak nya ?. kata beliau, anak nya mengalami kecelakaan. Saat kecelakan, si anak ini lagi di bonceng di motor bareng sama abang dan ayah nya. Dan pada saat kecelakaan itu, abang dan ayah nya meninggal, sementara si adik ini selamat. Walaupun selamat si adik ini ternyata luka parah. Katanya tulang ekor nya retak, jadi ga bisa berjalan normal lagi, dan ngebuat si adik ini ga bisa bicara . aku langsung kaget, sedih, saat denger semua cerita nya. Aku bayangin, gimana hancur nya si ibu ini ditinggal 2 orang tersayang secara bersamaan. Ini bener-bener cobaan yang berat banget menurut ku.

Beliau juga bilang, kalau biaya pengobatan ke rumah sakit begitu besar. Jadi mending rawat jalan aja biar bisa nyicil pengobatan katanya. Hati aku langsung berasa ke iris, masa sih ga ada keringaann banget dari rumah sakit ? atau bantuan dari pemerintah desa setempat ? masa orang di sekitar tempat tinggal nya ga ada yang peduli gitu. rasa sedih, kasian, dan ngerasa bersalah bercampur aduk. Ngerasa salah karena waktu itu bener-bener uang lagi ga ada banget, kalau ga salah uang di tas tinggal sisa 20 ribu. Itu pun belum ke ambil ongkos. Otomatis ngerasa pengen bawa si ibu ke rumah karena setidaknya ada tabungan yang bisa aku kasih. Tapi rasanya ga mungkin.

Yang bikin aku semakin sedih adalah beliau bilang, bayar ongkos mobil pun seadanya karena emang udah ga ada uang lagi. Untung aja supir elf saat itu mengerti, dan mungkin lagi dalam keadaan good mood. Jadi ga di permasalaahin si ibu itu bayar seadanya. Dan katanya dari jalan raya ke rumah nya lumayan jauh, tapi dia ga punya uang lagi buat naik ojeg.

Disana aku bingung kan, kalau aku ngasih gede emang aku pun ga ada uang, tapi kalau aku ngasih 10 ribu, ngerasa kesinggung ga ya ? . daripada ga sama sekali, yaudah aku kasih uang yang tinggal 10rbu. Aku bilang aja , ini cma sekedar buat ongkos ojeg ke rumah. Dan beliau langsung berterimakasih dan keliatan begitu bahagia. Aku mikir kan, itu uang Cuma 10 ribu ? , kalau di tangan aku kayanya ga begitu gimana . Cuma bisa buat ongkos sekali . fikirku. Kadang suka ngeremihin uang segitu. Tapi pas di kasih ke orang yang emang membutuhkan, 10 ribu begitu berharga, 10 ribu begitu bermanfat untuk mereka.

Jadi malu sendiri, kalau di kasih uang jajan sama orang tua sering ngeluh kurang karena gabisa kebeli ini itu, karena ga bisa beli baju, karena gabisa beli makeup dan skin care. Sering banget maksa ke orang tua kalau ada yang pengen di beli, terutama hal ga penting. Suka sering banget ngeluh pengen gadget keluaran baru, padahal gadget yang aku pakai sekarang masih bagus dan fungsinya masih normal semua. Suka ngerasa gengsi saat orang pake baju merk high end, sedangkan aku pakai baju yang brand nya biasa aja. Suka sering iri saat ada orang yang pake gadget yang harga nya bisa pake DP mobil, sedangkan gadget yang aku punya yang harga nya di bawah.

Aku begitu malu ketika ingat bahwa aku begitu tamak, tak bisa bersyukur dengan apa yang aku dapat sekarang. Aku masih di kasih keluarga utuh, fasilitas dari orang tua yang amat sangat cukup. Sebenar nya hidup aku sudah lebih dari cukup, hanya saja aku tak pandai untuk bersyukur.
Aku mulai berfikir, bahwa emang gaya hidup yang bisa menghancurkan diri kita sendiri. Terlalu memaksakan untuk dilihat waw oleh orang lain, dan memaksakan untuk derajat sosial nya di anggap tinggi oleh orang lain.

Aku sadar, di bandingkan beliau, aku taka da apa-apa nya. Mungkin aku tak akan bisa sekuat beliau menghadapi kenyataan yang begitu pahit, dan aku tak akan bisa se sabar beliau menjalani semua kepedihan yang terjadi. Tapi beliau selalu berbaik sangka, kata beiau “ tenang aja, saya masih punya Allah” . dan satu lagi membuat aku sadar, bahwa yang membuat kita sabar, kuat, dan ikhlas menghadapi semua kenyataan hidup adalah kedekatan kita dengan sang maha pencpita. Semakin kita dekat maka semakin ringan beban yang akan di rasakan.

Aku mulai belajar, bahwa bersyukur itu indah dan hidup apa ada nya itu membuat kita tenang.

Jadi, sudahkan belajar bersyukur hari ini ?

Comments

Post a Comment

Popular Posts